Siap Menyambut Era Baru Pariwisata Global, UNWTO Rebranding Jadi UN Tourism


ADINDA | Jakarta – United Nations World Tourism Organization (UNWTO) melakukan rebranding nama dan logo menjadi UN Tourism pada pertengahan Januari 2024 lalu di sela acara FITUR Madrid 2024.

Rebranding tersebut bertujuan untuk menegaskan statusnya sebagai pemimpin global pariwisata dan pembangunan, serta mendorong adanya perubahan sosial dan ekonomi untuk memastikan “people dan planet” menjadi fokus utama.

Perubahan ini berfokus pada tranformasi yang mendalam dan penemuan kembali UN Tourism beberapa tahun terakhir dikarenakan pariwisata menjadi lebih tangkas dan akuntabel. Tak hanya mengubah nama, mereka juga mempertegas narasi agar sejalan dengan misi dan prioritas utama badan PBB di bidang pariwisata.

Dilansir dari UN Tourism, ada tiga pesan utama yang ingin disampaikan, yaitu PBB sebagai organisasi altruistik global, gagasan untuk menghubungkan manusia di seluruh dunia, dan juga konsep proaktif dengan gerakan.

“Seiring dengan kemajuan masyrakat di masa depan, seperti halnya banyak sektor lainnya, sektor pariwisata perlu bertransformasi agar dapat berfungsi sebagai katalisator kemakmuran dalam skala universal,” jelas Sekretaris Jenderal UN Tourism Zurab Pololikahsvili secara tertulis, dikutip Sabtu (3/2/2024).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, menyambut dengan baik rebranding United Nations World Tourism Organization (UNWTO) menjadi UN Tourism. Menurutnya hal tersebut sejalan dengan arah perkembangan pariwisata di Indonesia.

“Hal ini sejalan dengan arah pengembangan pariwisata Indonesia yang juga berorientasi pada people and planet dengan fokus sustainability, productivity, dan inclusivity,” jelas Sandiaga.

UN Tourism juga mempunyai tagline baru yaitu Bringing The World Closer yang menginspirasi bentuk logo supercontinent (superbenua) berbentuk figure manusia yang sedang beraksi. Perubahan dari logo sebelumnya yang memiliki bentuk bola bumi merupakan sebuah refleksi penekanan organisasi pada sifat dinamis pariwisata dan prioritas pada sumber daya manusia (SDM).

Branding baru ini akan diimplementasikan secara berkala selama beberapa bulan ke depan, mulai dari digital channel seperti website, sosial media, dan newsletter. Tak hanya digital channel, bahkan hingga pada ruang fisik seperti kantor-kantor, event, dan elemen fisik yang lain.

Saat ini UN Tourism memiliki 160 negara anggota dan lebih dari 500 anggota afiliasi. UN Tourism memiliki kantor pusat yang berlokasi di Madrid, Spanyol.

UN Tourism juga memiliki kantor regional yang terletak di Riyadh (Arab Saudi) dan Nara (Jepang) yang mencakup kawasan Asia dan juga Pasifik. UN Tourism juga memiliki kantor regional untuk kawasan Amerika di Rio de Janeiro, Brasil, dan Afrika di Maroko yang cepat atau lambat akan segera beroperasi.

News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.