loading

Mengintip Kemegahan Stadion Club Bola Legendaris Dortmund


ADINDA| Dortmund–Tour Wisata Eropa Barat selama 10 hari yang digelar Adinda Azzahra menyempatkan berkunjung ke kandang club sepak bola legendaris di Jerman, yaitu club bola Dortmund. Kami pun mengambil gambar berlatar belakang stadion Signal Iduna Park ini.

Para peserta tour dengan syal warna khas supporter Dortmund pun dikenakan, sebagai bentuk penghargaan terhadap club sepak bola legendaris di Jerman ini. Kami pun mengelilingi stadion tersebut,meski tidak bisa masuk ke dalam stadion. Setelah itu kami ke toko tempat souvenir Dortmund dijajakan.

Club sepak bola yang memiliki lambang BvB 09 ini mengandung makna bahwa Ballspiel-Verein Borussia 1909, yang berarti dalam bahasa Indonesia, “Klub main bola Borussia 1909.” Angka 1909 merujuk pada tahun ketika 17 pemain sepak bola di kota Dortmund mulai mendirikan klub ini.

BvB 09 berbasis di kota Dortmund, negara bagian Rhine-Westphalia Utara. Tim sepak bola ini hanyalah satu dari banyak cabang olahraga dengan lebih dari 115.000 anggota, membuat BvB 09 menjadi klub olahraga terbesar ketiga di Jerman. Dortmund juga salah satu klub paling sukses dalam sejarah sepak bola Jerman.

BvB 09 telah memenangkan delapan gelar juara Jerman, tiga DFB-Pokals, lima DFL-Supercups, satu Liga Champions, satu Cup Winners Cup, dan satu Piala Intercontinental. Dengan memenangkan Cup Piala Winners Cup pada tahun 1966 membuat mereka klub Jerman pertama yang memenangkan gelar Eropa.

Sejak tahun 1974, Dortmund telah memainkan pertandingan kandang mereka di Westfalenstadion. Stadion ini adalah yang terbesar di Jerman dan Dortmund memiliki angka rata-rata kehadiran penonton tertinggi dibandingkan klub sepak bola lainnya di dunia.

Kapasitas Westfalenstadion 80.700 orang adalah yang terbesar di Jerman, jauh lebih besar dari stadionnya Bayern Munchen yang hanya 71.137 orang.

Nama stadion Signal Iduna Park adalah nama sponsor, sebuah perusahaan asuransi, yang memegang hak atas nama stadion sampai dengan tahun 2021. Namun nama sponsor ini tidak bisa digunakan pada hajatan kelas dunia seperti FIFA dan UEFA sehingga pada Piala Dunia 2006, nama stadion diganti menjadi Stadion FIFA Dortmund.

Warna Borussia Dortmund adalah hitam dan kuning, memberikan klub julukan mati Schwarzgelben (hitam dan kuning). Dortmund memiliki dendam lama dengan tetangga Ruhr mereka, Schalke 04, yang dikenal sebagai Revierderby.

Dortmund juga memiliki persaingan dengan Bayern Munich. Dalam laporan tahunan Football Money League Deloitte, Dortmund adalah klub olahraga terbesar kedua di Jerman dan tim sepak bola kesebelas terbesar di dunia.

Nah, bagi wisata muslim yang sudah tidak sabar lagi ingin mengunjungi stadion club sepak bola Dortmund ini, ikuti Paket Wisata Muslim Eropa Barat yang diselenggarakan Adinda Azzahra. Selain paket wisata, Adinda Azzahra juga menyediakan Paket Umrah Plus Eropa. Tinggal pilih, paket mana yang sesuai. Pastinya, dengan Adinda Azzahra, wisata Anda menjadi lebih tenang dan menyenangkan. Selamat bertadabbur alam!

News

klub bola dortmund

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *