8 Fakta Menarik Hagia Sophia, Dulu Gratis Kini Dikenakan Tarif


ADINDA | Jakarta – Hagia Sophia merupakan sebuah masjid dan bangunan ikonik yang menjadi landmark paling populer di Istanbul, Turki. Tak hanya memiliki arsitektur yang unik dan menarik, Hagia Sophia juga menyimpan sejarah yang panjang.

Mulai Januari 2024, wisatawan asing yang ingin masuk ke Hagia Sophia akan dikenakan biaya tiket sebesar 25 euro atau senilai dengan Rp.425 ribu. Keputusan ini diambil atas saran dari UNESCO untuk meningkatkan kualitas dan keamanan kunjungan.

Setelah Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan mengembalikan fungsi bangunan yang sempat dijadikan museum ini menjadi masjid, Hagia Sophia mulai menjadi sorotan kembali pada tahun 2020 lalu.

Fakta Menarik Hagia Sophia 

Dengan berbagai perubahan yang ada pada Hagia Sophia menjadikannya menyimpan banyak fakta menarik untuk ditelusuri. Berikut adalah 8 Fakta Menarik Hagia Sophia.

Hagia Sophia Dirancang Sebagai Gereja

Pada awalnya, Hagia Sophia adalah gereja katedral agung bagi umat Kristiani. Gereja ini dirancang oleh arsitek ternama yang akrab dengan mekanika dan matematika yaitu Anthemius dari Tralles dan Isidorus dari Miletus pada abad ke 6 M, yaitu sekitar tahun 532-537 M pada masa Kekaisaran Bizantium. Setelah itu, bangunan ini menjadi Gereja Ortodoks Konstantinopel hingga masa Kekaisaran Ottoman pada tahun 1453 M.

Hagia Sophia Sempat Terbakar Beberapa Kali

Hagia sophia pertama kali dibangun menggunakan atap kayu dan habis terbakar pada 404 M saat terjadinya kerusuhan politik yang terjadi di Konstantinopel. Kemudian Hagia Sophia, kembali dibangun oleh penerus Arkadios yaitu Kaisar Theodosios II pada 415 M. Namun, satu abad setelah bangunan itu dibangun, Hagia Sophia kembali terbakar pada peristiwa Pemberontakan Nika.

Hagia Sophia kembali dibangun pada 532 M oleh arsitek terkenal Isidoros dari Miletus dan Anthemios dari Tralles. Bangunan itu selesai dibangun pada 537 M dan berdiri kokoh hingga saat ini.

Hagia Sophia Diubah Menjadi Masjid Oleh Mehmed II

Setelah ditaklukan oleh Turki pada 1453, Mehmed II mengubah Hagia Sophia menjadi masjid dengan beberapa interior seperti lampu gantung besar, mihrab, dan juga mimbar.

Dalam buku The Fall of Constantinople 1453 karya sejarawan yaitu Steve Runciman, Mehmed II memasuki Konstantinopel menjelang malam dengan dikawal oleh Janissary Guards dan diikuti beberapa menterinya.

Mehmed II mencegah seorang pasukan yang hendak melakukan perusakan disana. Lalu salah satu ulama yang mengikutinya naik ke atas mimbar dan mengucapkan dua kalimat syahadat. Sejak saat itulah Hagia Sophia dialihfungsikan menjadi sebuah masjid.

Hagia Sophia Pernah Difungsikan Sebagai Museum

Pada tahun 1935, Mustafa Kemal Ataturk sebagai presiden pertama Turki dan juga pendiri Republik Turki mengubah fungsi bangunan Hagia Sophia menjadi sebuah museum. Setelah itu museum Hagia Sophia menjadi salah satu destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi wisatawan mancanegara di Turki.

Hagia Sophia Ditetapkan Menjadi Situs Warisan Dunia

Dengan sejarah yang ada, Hagia Sophia ditetapkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO pada 1985 sebagai bagian dari wilayah bersejarah di Turki. UNESCO juga mengatakan bahwa Hagia Sophia merupakan mahakarya yang unik dan menarik.

Hagia Sophia Kembali Difungsikan Sebagai Masjid

Pada tahun 2020, Presiden Turki yaitu Recep Tayyip Erdogan membuat keputusan yang cukup kontroversial untuk mengubah Hagia Sophia kembali difungsikan sebagai masjid. Meskipun demikian, umat non-Muslim tetap diperbolehkan untuk mengunjungi Hagia Sophia.

Hagia Sophia Memiliki Arsitektur Menarik

Hagia Sophia menggabungkan basilika yang membujur dan bangunan yang terpusat dengan cara original. Kubah utamanya berukuran 32 meter atau setara dengan 105 kaki yang ditopang pada liontin dan dua semidome. Meskipun basilika berkubah Justinian merupakan model dimana arsitektur Bizantium dikembangkan, Hagia Sophia tetap unik dengan arsitekturnya.

Mosaik Hagia Sophia

Para sejarawan menganggap mosaik adalah bangunan yang indah sebagai sumber utama pengetahuan tentang bagaimana seni mosaik pada masa berakhirnya Kontroversi Ikonoklastik pada abad ke 8 dan 9. Dalam memilih warna dan teknik, mereka menunjukkan kelanjutan dari tradisi Bizantium dengan preferensi warna yang kuat dan jelas.

Itulah 8 Fakta Menarik Hagia Sophia. Tertarik untuk berkunjung ke Hagia Sophia? Travelling ke Turki paling tepat, aman, dan nyaman adalah bersama Adinda Azzahra. Adinda Azzahra kembali akan menyelenggarakan Paket 12 Hari Wisata Muslim Festival Tulip Turki – Dubai – Abu Dhabi (12 – 23 April 2024) dengan fasilitas lengkap dan kualitas perjalanan yang prima. Telah berpengalaman lebih dari 25 tahun melayani perjalanan mancanegara yang kami kemas dalam wisata muslim halal makanannya dan sholat yang terjaga. Kunjungi situs adindaazzahra.id untuk mendapat informasi lebih lanjut seputar paket perjalanan Adinda Azzahra Tour.

 

News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.