loading

Ke Milan, Tak Lengkap Jika Tak ke San Siro Stadion

Wisata Stadion Milan

Bagi pecinta bola, mendengar stadion San Siro pastinya sudah taka sing lagi. Ya, stadion legendaris pencetak dua klub hebat bernama Associazione Calcio Milan (AC Milan) dan Inter Milan.  Saat bertandang ke kota Milan di Italia, tak lengkap jika tidak mampir ke stadion San Siro ini. Seperti rombongan Adinda Azzahra Tour & Travel ini pada 3 Agustus 2019 lalu bertandang ke stadion San Siro atau yang juga dikenal Giuseppe Meazza.

Di sekitar stadion ini, para pengunjung juga bisa menikmati berbagai macam merchandise bola mania. Sedangkan untuk mengetahui lebih lanjut soal stadion ini juga ada museum yang menyimpan koleksi sejarah panjang perjalanan klub AC Milan. Mulai dari sepatu yang pernah dipakai pemain pada masanya, hingga kostum-kostum dan piala. Ada juga koleksi barang-barang milik klub Inter Milan.

Selain kostum dan piala, ada juga patung pemain legendaris AC Milan seperti Maldini, Van Basten , dan Baresi. Dari klub Inter ada patung Zanetti. Sementara untuk kostum terdapat kaus yang dikenakan oleh pemain legendaris seperti Kaka, Shavechenko, Roberto Baggio, Ibrahimovic, dan Diego Milito.

Stadion Giuseppe Meazza, San Siro mulai dibangun pada 1 Agustus 1925 digagas oleh Presiden AC Milan ketika itu Piero Pirelli. Kurang lebih setahun kemudian, tepatnya 15 September 1926 stadion selesai dibangun dan diberi nama Nuovo stadio Calcistico San Siro.

Pada 19 September 1926, stadion ini untuk pertama kalinya digunakan. Dilakukan pertandingan derby antara AC Milan melawan Inter Milan. Inter Milan unggul dengan skor 6 – 3. Awalnya stadion ini hanya digunakan sebagai kandang AC Milan.

Namun pada 1935 Tim Merah Hitam ini mengalami kebangkrutan sehingga harus menjual stadion ini ke pemerintah kota Milan. Pada tahun 1947, Inter Milan ikut menyewa stadion ini untuk tempat latihan. Jadilah stadion Nuovo stadio Calcistico San Siro yang di 3 Maret 1980 berganti nama menjadi Giuseppe Meazza sebagai kandang Inter Milan dan AC Milan.

Namun sayang, stadion ini tak lama lagi akan dirobohkan dan berganti dengan stadion yang baru yang tempatnya bersebelahan dari yang lama.  Stadion yang baru nanti akan menelan biaya sekitar 700 juta euro (Rp 11,2 triliun) untuk pembangunannya dan diperkirakan siap pada 2022. [fro]

News

San Siro Stadionwisata milan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *