loading

Menikmati Indahnya Pancaran Biru di Masjid Biru Istanbul

Penginapan di Turki

Istanbul – Biru anggun terpancar dari kubah salah satu masjid megah di Istanbul, Turki. Dialah Blue Mosque atau Masjid Biru. Disebut biru karena masjid ini berhiaskan keramik-keramik berwarna biru yang memancar lembut dari kubahnya dan interiornya. Perjalanan rombongan Adinda Azzahra Tour & Travel ke Turki pada 19-26 April 2019 ini salah satunya berkunjung ke Istanbul. Selain itu juga menyinggahi enam kota lainnya, seperti Ankara, Konya, Bursa, Cappadocia, Pamukkale, dan Kusadasi.

Rombongan berkunjung ke Masjid Biru untuk menunaikan ibadah shalat berjamaah. Bangunan yang fenomenal membuat para pengunjung terdecak kagum dengan hasil karya arsitektur masjid ini. Sebuah pengalaman yang tak terlupakan.

Masjid Biru Istanbul Tour Turki

Masjid Biru berada di Istanbul Turki dan dibangun oleh Sultan Ahmed I berasal dari Dinasti Ottoman yang menguasai Turki pada abad ke-14 mulai tahun 1603 – 1617. Konstruksi masjid mulai dibangun pada tahun 1609, oleh arsitek Mehmed Aga. Masjid ini rampung pembangunannya tahun 1616.

Hadirnya Masjid Biru ini oleh Sultan Ahmed I untuk menandingi bangunan Hagia Sophia buatan kaisar Byzantine yaitu Constantinople. Hagia Sophia berada satu blok dari Masjid Biru. Hagia Sophia dulunya adalah Gereja Byzantine sebelum jatuh ke daulah Turki Ottoman pada tahun 1453 M .

Masjid Biru merupakan masjid yang banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun asing. Masjid ini memiliki 6 menara, kubahnya berdiameter 23,5 meter dengan tinggi kubah 43 meter. Masjid ini adalah satu dari dua buah masjid megah di Turki yang memiliki 6 menara, satu lagi di Adana.

Tidak jauh dari Masjid Biru, terdapat museum Aya Sofya. Selain terkenal dengan keindahan arsitekturnya, Aya Sofya pertama dibangun sebagai katedral, lalu diubah menjadi masjid selama 500 tahun dan sejak pemerintahan sekuler Republik Turki menjadi museum sampai saat ini. Namun Erdogan memiliki wacana akan memfungsikan Aya Sofya menjadi sebuah masjid lagi.

Untuk menghormati masjid, wisatawan harus berpakaian sopan saat memasuki ruang masjid. Wanita harus mengenakan kerudung. Penjaga selalu siap mengingatkan di depan pintu masuk. Begitu sampai di dalam, sejumlah tamu Muslim melakukan shalat sunah masjid.

Masjid Biru memiliki interior yang dihiasi 20.000 keping keramik biru yang diambil dari tempat kerajinan keramik terbaik di daerah Iznik . Kawasan Turki yang terkenal menghasilkan keramik nomor wahid berwarna biru, hijau, ungu, dan putih.

Masjid ini juga diberi karpet sutera yang berasal dari tempat pemintalan sutera terbaik dan lampu-lampu minyak yang terbuat dari kristal merupakan produk impor. Banyak terdapat barang-barang dan hadiah berharga di masjid ini, termasuk Al Quran bertuliskan tangan.

Pensaran mau melihat keindahan bangunan autentik Masjid Biru? Segera daftarkan jadwal traveling Anda ke Adinda Azzahra Tour & Travel. Perjalanan akan dipandu langsung oleh senior tour leader berpengalaman lebih dari 25 tahun, H. Priyadi Abadi, M.Par. [fro]

News

destinasi wisata turkimasjid biru turki

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *