loading

Menengok Kota Sufi Rumi di Konya

Tour Turki Konya

Konya– Jalalaludin Muhamad Rumi dikenal sebagai tokoh sufi dizamannya. Ia juga biasa dipanggil Mevlana atau penganut Sufi mistik dari Persia.  Mevlana menyebarkan aliran Sufi kepada masyarakat di Kota Konya, Turki. Perjalanan rombongan Adinda Azzahra Tour & Travel ke Turki pada 19-26 April 2019 ini salah satunya berkunjung ke Konya. Selain itu juga menyinggahi enam kota lainnya, seperti Ankara, Cappadocia, Pamukkale, Kusadasi, Bursa, dan Istanbul.

kota-sufi-tour-turki

Tokoh sufi ini bahkan diabadikan dalam sebuah tarian sufi yang melambangkan keikhlasan seorang manusia sebagai mahluk ciptaan Tuhan dan bagaimana seorang manusia berputar melawan jarum jam sambil melafalkan kalimatullah agar bisa mencapai kesempurnaan dalam setiap doanya.

Mevlana membangun mausoleum untuk ayahanda dan guru Sufinya. Pada tahun 1926 ketika Ataturk berkuasa di Turki, mausoleum dan masjid ini dijadikan Museum Mevlana untuk mengenang kisah para Sufi. Karya puisi Rumi ditulis dalam berbagai bahasa seperti Persia, Arab, Turki dan bahkan Yunani.

Di museum dan masjid Mevlana, kita bisa menyaksikan beberapa makam yang sangat terawat dengan baik. Bahkan kita bisa melihat Alquran kuno dengan tinta emas yang mengagumkan. Puisi-puisi Mevlana dalam tulisan Arab disimpan di dalam kotak kaca.

Pada abad ke-13, kota Konya dikenal hingga ke mancanegara, tepatnya pada masa kejayaan suku Seljuk Turki. Sang sufi Rumi ikut andil dalam mengharumkan kota ini ke pelosok belahan dunia. Setiap tahunnya, kota ini selalu ramai oleh para wisatawan dan peziarah. Di kota Konya inilah tokoh tasawuf dan sastrawan yang bernama Rumi menghabiskan sebagian besar usianya hingga ia wafat.

Tour Turki Konya

Anda ingin mengetahui keindahan Turki dari dekat ? Atau anda ingin menentukan sendiri destinasi dan rencana trip tour ke Turki ? Adinda Azzahra Tour & Travel akan membantu anda dengan membuatkan custom Itinerary khusus untuk Anda. [fro]

News

tour turkiwisata muslim turki

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *