loading

Kervansaray, Rumah Singgah Masa Kejayaan Islam

penginapan-turki

Konya – Adinda Azzahra Tour & Travel kembali menyelenggarakan trip ke wilayah Turki pada 19-26 April 2019. Kunjungan wisata ini akan menyinggahi tujuh kota yang ada di Turki, yaitu Ankara, Cappadocia, Konya, Pamukkale, Kusadasi, Bursa, dan Istanbul.

Turki pernah mengalami masa kejayaan pada saat Kerajaan Turki Usmani. Karenanya, negeri ini menyimpan banyak khazanah Islam. Banyak bangunan dan situs bersejarah yang bisa dikunjungi wisatawan muslim untuk menambah wawasan sejarah Islam.

Di zaman Turki Ustmaniyyah, banyak para pedagang yang singgah ke Turki, terutama di sepanjang jalan Sutra. Posisinya yang strategis, membuat penduduk banyak mendirikan penginapan di pinggir jalan atau yang biasa disebut Kervansaray.

Bangunan Kervansaray terdiri atas halaman, bangunan gedungnya dipercantik dengan membentuk pola lengkungan. Dalam Kervansaray terdapat kamar menginap, depo, kamar pengawal, serta tersedia juga kandang untuk alat transportasi seperti kuda.

Penginapan di Turki

Kervansaray dikelola oleh sebuah lembaga donor. Organisasi itu pertama kali didirikan di Rabat Malik. Kervansaray di wilayah Iran itu menjadi cikal bakal berdirinya tempat singgah khas Dinasti Seljuk. Kervansaray pertama itu dibangun pada tahun 1078 M oleh Sultan Nasr di antara rute Bukhara-Samarkand. Struktur bangunan KervansaraySeljuk meniru istana padang Dinasti Abbasiyah. Bentuknya segi empat dan ditopang dengan dinding yang kuat.

Kervansaray dikelola oleh lembaga-lembaga wakaf yang bertujuan untuk saling membantu dan meringankan beban sesama muslim terutama mereka yang sedang melakukan perjalanan jarak jauh yaitu dengan menyediakan tempat peristirahatan dan penginapan.

Kervansaray dikelilingi oleh benteng-benteng dan terdapat menara pengintai untuk mengawasi daerah-daerah sekelilingnya dari mara bahaya. Gerbang Kervansaray pun terbuat dari besi yang susah untuk ditembus. Dengan demikian, sudah dapat dipastikan bahwa Kervansaray memang benar-benar pilihan yang tepat untuk menjadi tempat perehatan yang aman bagi mereka.

Menurut penelitian, di kawasan Anatolia setidaknya terdapat 200 lebih Kervansaray. Dengan wilayah kekuasaan Turki Ustmaniyyah yang besar, Kervansaray juga dibangun di kawasan-kawasan seperti Iran, Arab Saudi, Afrika Utara bahkan hingga ke kota Vienna, Austria. [fro]

News

tour turkiwisata muslim turki

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *